SAUDARA OBAMA SEORANG RABBI YAHUDI

WASHINGTON – Sementara Barack Obama berjuang untuk meraih simpati dari Yahudi, ternyata salah satu dari saudara sepupu istrinya adalah seorang rabbi paling berpengaruh di negara tersebut – sebuah fakta yang banyak terlewat.
Michelle Obama, istri dari presiden Obama, dan Rabbi Capers Funnye, pemimpin spiritual dari sinagog hitam daerah Selatan Chicago, adalah saudara sepupu pertama. Ibu Funnye, Verdelle Robinson Funnye (terlahir dengan nama Verdelle Robinson) dan kakek kandung Michelle Obama, Frasier Robinson Jr., adalah kakak dan adik.
Funne (baca: fuh-NAY) adalah rabbi kepala dari Kongres Ibrani Beth Shalom B’nai Zaken Ethiopia di daerah Barat daya Chicago. Dia dikenal di kalangan Yahudi sebagai jembatan atas Yahudi mayoritas dengan minoritas, dan terpisah secara luas, dunia dari kongregasi Yahudi kulit hitam, dikenal sebagai Ibrani hitam atau Israelites. Dia memperjuangkan komunitas Yahudi yang lebih besar untuk mau menerima Yahudi kulit hitam.
Saudara dekat Funnye yang paling terkenal memberikan kejutan kepada hubungannya dengan Barack Obama dan Yahudi dalam kampanye presidensial. Di satu sisi, pengorganisir politik Yahudi, para pemilih dan pendonor melakukan peran penting dalam pencapaian kekuasaan Obama di Chicago, termasuk keluarga paling berpengaruh dan kaya di kota tersabut. Namun, senator Illnois telah berjuang untuk membuang kecurigaan diantara komunitas Yahudi, termasuk skeptisme mengenai posisinya terhadap Israel dan rumor bahwa dia sebenarnya adalah seorang muslim.
Funnye yang menggambarkan dirinya sebagai seorang yang independen, menyatakan bahwa dia tidak terlibat dengan kampanye Obama namun telah mendonasikan sejumlah uang.
“Aku tahu bahwa kakeknya dan ayahnya dan ibuku dan semua saudara kami yang telah meninggal akan sangat bangga kepada mereka berdua,” Funnye kepada the Forward.
Michelle Obama dan kampanye Obama tidak merespon komentar tersebut.
Funnye menyatakan the Forward bahwa dia telah mengenal Michelle Obama (terlahir dengan nama Michelle Robinson) selama hidupnya. Ayah dan ibunya, Frasier Robinson III, mempunyai hubungan yang sangat dekat, dan Funnye menyatakan bahwa dia melihat Michelle beberapa kali dalam setahun ketika mereka sedang beranjak dewasa, kebanyakan dalam pertemuan dan kunjungan keluarga.
“Ayahnya seperti perekat dalam keluarga kami,” menurut Funnye. ”Dia selalu mengusahakan agar keluarga kami terus berhubungan.”
Funnye, 56, menyatakan bahwa Michelle, 44, tidak terlalu dekat dengannya, namun dia mengingat Michelle sebagai anak yang “enerjetik dan penuh kepedulian.”
Mereka berdua terpisah ketika dewasa namun kembali berhubungan ketika Michelle bekerja di universitas Chicago dan Funnye memimpin organisasi pelayanan sosial yang bernama Blue Gargoyle. Funnye juga bekerja dengan Barrack Obama, yang kemudian menjadi senator, yang pernah menjadi pembicara dalam acara organisasi tersebut. Ketika Barackdan Michelle menikah, Funnye dan keluarganya menghadiri pesta pernikahannya.
Meskipun kongregasi Funnye mendeskripsikan dia sebagai Ibrani Ethiopia, dia tidak berhubungan dengan Yahudi Ethiopia, yang sering disebut Israel Beta, yang bermigrasi ke Israel secara besar besaran dalam dekade ini. Mereka juga terpisah dengan Ibrani Hitam di Dimona, Israel, dan kelompok supremasi Ibrani hitam Israel yang sering memberikan pidato di beberapa negara bagian di Amerika.
Funnye berpindah ke Yahudi dan diangkat sebagai Rabbi di bawah pengawasan rabbi hitam Israel, kemudian melewati konversi lainnya dengan rabbi ortodok dan konservatif. Dia bekerja di Dewan Rabbi Chicago.
Hubungan Funnye dengan keluarga Obama telah dilaporkan oleh koran Chicago Jewish News dalam sebuah artikel tertanggal 22 Agustus. Artikel Wall Street Journal pada bulan April melaporkan bahwa ibu negara mempunyai sepupu (yang salah ditulis koran tersebut sebagai sepupu kedua) seorang rabbi kulit hitam namun tidak menyebutkan nama Funnye.
Hubungan keluarga rabbi tersebut dengan sang Presiden juga merupakan permasalahan dalam sinagog Funnye.
“Dia benar benar mencuat ke permukaan setelah konvensi tahun 2004,” menurut Funnye. ”hal itu ketika orang orang berkata, ’bukankah dia mempunyai hubungan denganmu?’saya berkata, ’ ya, dia menikah dengan sepupuku, dan dia ikut mendukung Obama hingga menjadi seperti sekarang.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: