TIP BERBELANJA DI DISTRO DAN FACTORY OUTLET DI BANDUNG

KOTA BANDUNG seakan tak henti menjadi kota berburu fashion. Bahkan Kota Bandung dengan produk fashion kreatif yang dijual di distribution store (distro) ataupun factory outlet (FO) diprediksikan akan menjadi barometer fashion di 2010 ini.

Untuk memenuhi kebutuhan GAYA HIDUP akan fashion yang semakin hari semakin menantang karena berbagai tawaran model maupun fasilitas yang memanjakan calon pembeli, kegiatan berbelanja semakin mengarah para sifat konsumtif. Apalagi  belakangan ini kegiatan berbelanja  dijadikan ajang untuk refreshing setelah disibukkan oleh aktivitas keseharian kita.

Akan tetapi, kegiatan berbelanja sulit diredam karena didorong oleh emosi sesaat, yang justru malah membuat cash flow terganggu. Oleh karena itu, ada baiknya  masyarakat mengikuti saran dari pemerhati sosial masyarakat, Dra. Nurlita, S.Psi.  

1.    Manfaatkan program sale, karena hampir seluruh produk fashion ataupun barang-barang lainnya didiskon atau diberi potongan harga sewaktu-waktu. Selain untuk menarik calon komsumen, biasanya program yang dilakukan secara rutin ini juga untuk menghabiskan stok dan menggantinya dengan produk baru. Biasanya, sale diadakan di akhir tahun, pertengahan tahun, atau pertengahan semester. Cobalah selalu update berita dari media koran, radio, internet, dan lainnya agar Anda menerima informasi tercepat kapan acara sale akan berlangsung. Namun bila Anda mengincar produk terbaru dengan harga khusus, biasanya brand atau butik akan memberikan harga spesial pada saat store  events atau fashion show koleksi terbaru mereka.

2.    Manfaatkan program promosi kartu kredit atau kartu membership. Kenyataannya, setiap bulan kartu kredit selalu menawarkan diskon khusus untuk merchant produk tertentu. Di samping itu, hampir  semua department store menawarkan membership atau VIP card dengan berbagai fasilitas seperti potongan harga, point reward, dan pemberitahuan khusus kapan acara sale akan berlangsung. Mengajukan kartu membership di tempat Anda sering berbelanja juga akan menghemat uang Anda nantinya.

3.    Jangan berbelanja hanya karena dorongan emosi sesaat. Bisa saja Anda kalap terbuai iming-iming diskon besar-besaran hingga 80 persen, tanpa pertimbangan, Anda langsung membeli produk tersebut.  Daripada menyesal di akhir, lebih baik Anda mempertimbangkannya dengan hanya membeli produk yang benar-benar akan terpakai. Lagipula, akan lebih bermanfaat  membeli dengan harga penuh, tetapi Anda dapat memakainya dengan maksimal.

4.    Pastikan untuk mencoba terlebih dahulu sebelum Anda membeli. Belum tentu produk fashion yang terlihat indah saat dipajang akan cocok dengan postur tubuh kita. Begitu pula dengan produk idaman lainnya. Jika Anda tidak bisa mencobanya, pastikan apakah ada return policy  (aturan pengembalian) untuk produk tersebut.

5.    Agar lebih mendatangkan manfaat, beli barang-barang ataupun produk yang benar-benar diinginkan dan sesuai dengan rencana semula saat Anda akan pergi. Tidak kalah pentingnya, belilah produk fashion yang modelnya benar-benar sedang menjadi tren. (Retno Heryanto/”PR”)***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: